Monday 6 June 2016

NEW INTERVIEW: Our first interview with WHIPLASH (Jogjakarta Thrash Metal), 25/5/2016 (Indonesian)

WHIPLASH (Jogjakarta Thrash Metal) debut album War of Terror is now available. 
Release date: 31 May 2016.
Record label: Disembowel Records (Indonesia).
Number of copies: 1,000.

Kieran James1: Hai, bisakah kamu menceritakan sejarah awal terbentuknya band kalian hingga sekarang?
Whiplash Band (Jogjakarta)1: Awal mula whiplash terbentuk pada awal tahun 1997, tapi masih membawakan genre death metal, pada tahun 2004 mulai menggarap thrash metal, fokus pada lagu2 Sepultura. Tahun 2007 trjadi bongkar pasang pemain, dan mulai fokus pada Metallica dan Megadeth. Line up saat itu Ari - drummer, Yudhi - bass, Parlin - gitar dan vocal, dan Papunk - lead gitar. 2009 Papunk keluar dan di isi Anton, yg bertahan sampai sekarang. Untuk detailnya bisa dilihat di fp whiplash ini..

KJ2: Bagaimana respon orang-orang dengan mini album/album/demo band Kamu?  
W2: Respon sampai saat ini positif semua, beruntung punya teman2 dan rekan yang selalu support.

KJ3: Band apa yang paling berpengaruh bagi Kalian dalam bermain musik?
W3: Band yang paling berpengaruh tentu sama Metallica, Megadeth, dan Slayer.


KJ4: Apa rencana kedepan kalian bersama band? 
W4: Sebenarnya tidak Ada rencana, cuma kita pernah berkomitmen selamat masih suka musik, kami akan tetap bermain musik. Dan kami sama2 punya pandangan yg sama tentang musik..thrash metal!!


KJ5: Apakah lagu-lagu yang kalian buat menggunakan Bahasa Inggris dan Indonesia. 
W5: Sebagian besar lagu whiplash berbahasa inggris, Ada juga bahasa Indonesia. Bahasa tidak ambil pusing, Karena musik adalah bahasa universal.


KJ6: Apa yang kalian ceritakan dalam lirik-lirik yang kalian buat? 
W6: Pada album pertama ini semua berisikan kritik sosial, tentang politik, kesenjangan sosial hingga pandangan hidup kehidupan sehari-hari yang sering kami temui.


KJ7: Mengapa kalian semua suka memainkan musik thrash-metal? 
W7: Karena kami menemukan kenyamanan dan kepuasan dalam membawakan thrash metal. Kami suka musik keras, tapi yang kami Cari adalah harmonisasinya, Bukan asal ngebut. 


KJ8: Kapan pertama kali kamu menjadi fans band metal? 
W8: Sudah sejak kecil suka musik metal, pertama dengar lagu metal adalah METALLICA, sewaktu live di Jakarta, kisaran tahun 1994 kalau tidak salah.

KJ9: Apa yang kamu katakan kepada orang-orang yang bertanya mengapa kamu memainkan musik bergaya barat? 
W9: Mah ini pertanyaan menarik, sering Ada pertanyaan seperti itu, dan selama ini kami selalu sama dengan jawaban kami, Karena kami suka, kami menemukan kepuasan di situ, dan musik thrash metal dapat menyalurkan ide2 liar kami. Pernah Ada pertanyaan begini: kalian tidak takut kalau musik kalian gx laku?? Kami hañya tertawa, Karena bagi kami, bermusik untuk melepaskan beban kami, untuk jadi diri sendiri, Bukan bermain musik supaya bisa dijual!! Kami tidak memikirkan musik kami akan disukai atau tidak, Karena ini musik kami, kalian suka ya syukur, kalau gx suka ya bodo amat, hahahaa.. Piss Masalah memainkan musik bergaya barat? Sebenarnya tidak Ada maksud untuk mengarah ke situ, mungkin Karena acuan kami Metallica, Megadeth, Slayer, Sepultura jadi sedikit banyak memberi pengaruh pada bermusik kami.


KJ10: Apakah para istri dan kekasih para personil kalian mendukung apa yang kalian kerjakan?  
W10: Beruntung keluarga kami mendukung, support penuh.

KJ11: Apakah hal-hal yang terbaik dan terburuk tentang komunitas di kota kalian?
W11: Yang terbaik dalam komunitas di sini Adalah rasa kekeluargaan yg masih kental, Saling support, Saling sharing ilmu. Bikin2 event kecil2n untuk komunitas dan band2 di komunitas agar bisa menunjukan karya nya.
Yang terburuk dan yang paling kami benci adalah pengkotak-kotakn musik, kadang wilayah.. Itu sangat menyedihkan, kita semua suka musik, knapa harus dipisah2??!!! F***in hell!!!

KJ12: Rencana apa yang kalian buat bersama band untuk kedepannya? 
W12: Rencana band ke depan... Tetap berkarya, tetap menampilkan yang terbaik dari kami.

KJ13: Di acara apa kalian merasakan, itu stage yang berkesan? 
W13: Ada beberapa event yg cukup berkesan bagi, dulu pernah main barang di acaranya tour siksa kubur, kita bisa melihat band2 berkualitas.. Ada juga main bareng Death Vomit, deathmetalnya jogja. Tapi yg paling berkesan sewaktu live di JEC acara tahunan clothing jogja. Disitu kami bisa merasakan live dengan stage yg luas dan sounds yg gahar.. Mantab

KJ14: Ada pesan untuk kawan kawan?
W14: Pesan buat teman2 yang bermusik: jadilah diri sendiri, itu penting Karena musik kalian adalah gambaran kalian, jika mengacu pada band tertentu janganlah takut untuk berekspresi, gx harus sama dgn band idola kalian.. Karena jika hanya menjiplak gx akan menemukan kepuasan. Jgn minder dengan karya kalian, Karena semua musik itu bagus.

KJ15: OK, terima kasih banyak.
W15: That's all... Thank u brother.



 
 

No comments:

Post a Comment

CONCERT REVIEW: SAXON, live @ Barrowland Ballroom, Glasgow, Scotland, 21 November 2022, by KIeran James.

SAXON concert review – Glasgow, Scotland, 21 November 2022, by Kieran James “We stood in the dark and the band played on” It wasn’t a no...