Friday, 4 November 2016

NEW INTERVIEW: Lutfi from PURGATORY(Jakarta) talks with Busuk Chronicles, 21/10/16 (Indonesian)


Kieran James (Busuk Chronicles): Hai, bisakah kamu menceritakan sejarah awal terbentuknya band kalian hingga sekarang?

Lutfi from PURGATORY: Purgatory's timeline: Purgatory merupakan band yg terbentuk semenjak Lutfi dan Al masih duduk di bangku sekolah ('91-'93), sempat gonta ganti nama, sekitar thn '94 kami memakai nama Purgatory dan kami tetapkan sebagai berdirinya band.

-Di thn '95 dengan formasi yg sempat gonta ganti, kami membuat debut EP "Abyss Call" (berisi 6 lagu) yg kami cetak dalam format kaset, kami cetak hanya 100 buah menggunakan Double Tape Recorder pribadi kami pd wkt itu hahaha...

-Thn '99 kami merilis album "Ambang Kepunahan" (RotorCorp/Musica) dengan personil Arie Tulanx-Grwl, Lutfi - Gtr, Die -Gtr, Bobby-Bss, Al-Drm.
-Thn 2000 - 2002 kami fakum krn ada konflik internal.

-awal 2002 Lutfi menjalankan kembali dengan merikrut personil baru, gaya musik baru di bandingkan sebelumnya dengan personil: Mad-Mor-Vcl, Sand Man-Vcl-Scratch, LTF-Gtr, Die-Gtr, Ntie-Bss, Al-Drm.

-Dan merilis single "Pathetic" (ZR Production) dan berkolaborasi untuk penggarapan Video Clip dengan "Film makers" Anggy Umbara aka D'Jackal dan Bonty Umbara aka Bone (yang nantinya di thn 2005 mereka bergabung dengan purgatory)

-2003 kami rilis full album "7:172" (ZR Production/PRS/Sony Music Indonesia, termasuk single Pathetic).

-2005 Ntie (bassis) hengkang dr band di gantikan Bonty aka Bone, dan penambahan personil pada posisi Scratch n Synth oleh Anggy aka D'Jackal (dengan masuknya D'Jackal, Sand Man fokus ke vocal). Purgatory resmi menjadi 7 personil.

-2005 kami rilis single "Inside You" (Dragdown Record) dan lagu tersebut menjadi OST film "Gerbang 13"

-2006 purgatory rilis "Beauty Lies Beneath" (Dragdown Record, termasuk single Inside You).

-2008 Die (gitaris) keluar dari band, sampai akhirnya (2009) kami bertemu Bad Art (Stupid Nation, Jet Liar) dan bergabung dengan kami untuk menggantikan Die.

-2012 Mad-Mor (voc) berhenti main musik, dan keluar dr band. Di tahun 2012-2015 purgatory fakum dalam berkreasi (sempat ttp ada beberapa gig yg akhirnya posisi Mad Mor di isi oleh D'Jackal) karena selain berkurangnya personil kami masing2 personil mempunyai kesibukan di luar purgatory.

-2015 purgatory aktif kembali dengan hadirnya vokalis baru Mad-Pit (End Of Journey).

-Dan saat ini kami sedang mempersiapkan full album berikutnya yg di perkirakan rampung pertengahan tahun 2017.

https://en.m.wikipedia.org/wiki/Purgatory_ (band)

KJ2: Bagaimana respon orang-orang dengan mini album/album/demo band Kamu?

Cukup antusias, sampai sekarang mereka bikin kami pusing karena mereka memaksa dan menerror kami untuk mengeluarkan album baru hahaha...

KJ3: Band apa yang paling berpengaruh bagi Kalian dalam bermain musik?

Waaahhhh...banyak sekali, dari band Death metal seperti Obituary, Hypocrisy, kami jg sempat di era Thrash metal, Metallica, Sepultura sangat kental dlm riff yg kami buat. Kami jg suka dengan riff2 yg "groovy" seperti RATM, Pantera, Korn, Slipknot, Mudvayne termasuk Meshuggah dengan beat2 ganjil mereka....kami sangat terinspirasi. Untuk melodi, kami terinspirasi dari banyak musik pop seperti Sting, Bjork....dan Al adalah die hard fans bjork...sssttt off the record, si al waktu nonton bjork live di jakarta mengaku sampai nangis2 melihat pertunjukan bjork hahahhahaa...

KJ4: Apa rencana kedepan kalian bersama band?

Yang pasti kami sedang fokus untuk pembuatan album baru.

KJ5: Apakah lagu-lagu yang kalian buat menggunakan Bahasa Inggris dan Indonesia. 

Yup, sebagian ada yg full indonesia, sebagian ada yg full inggris dan ada jg yg kami mix indonesia-inggris.

KJ6: Apa yang kalian ceritakan dalam lirik-lirik yang kalian buat?

Sebagian besar lebih ke kritik sosial, dan hal2 pisitif yg kami pelajari dr kehidupan beragama kami.

KJ7: Mengapa kalian semua suka memainkan musik thrash / death-metal?

Kenapa yaaa??? Hahaha...kl di tarik mundur, awalnya (era 90an) kami memang mulai bermusik dimana musik metal lagi booming di kalangan anak2 remaja jakarta pada masa itu, hampir semua band pasti memainkan "lagu metal" pada masa itu. Dan sampai sekarang sepertinya sudah mendarah daging.

KJ8: Kapan pertama kali kamu menjadi fans band metal?

Berawal sekitar thn '88-'89, sepupu saya "nyekokin" lagu2 rock seperti Guns n Roses sampai Iron Maiden, dr situ saya suka lagu rock, semenjak itu saya mulai mengoleksi dan mencari lagu yg lebih keras dr musik rock.

KJ9: Apa yang Kamu katakan kepada orang-orang yang bertanya mengapa Kamu memainkan musik bergaya barat?

Diam aja sambil main gitar lagu barat hahahahaha...

KJ10: Apakah para istri dan kekasih para personil kalian mendukung apa yang kalian kerjakan?

Sangat mendukung, kl nggak pasti orang itu sudah nggak di purgatory lg.

KJ11: Apakah hal-hal yang terbaik dan terburuk tentang komunitas di kota kalian?

Sorry, saya kurang paham dgn pertanyaannya hahaha...

KJ12: Rencana apa yang kalian buat bersama band untuk kedepannya?

Rencana...hhhmmm, banyak jg, selain album baru, design merchandise baru, tour, yang pasti kami ingin terus berkreasi.

KJ13: Di acara apa kalian merasakan, itu stage yang berkesan?

Bagi saya, di Soundrenalin 2003, selesai manggung kami di giring oleh sekawanan security ke pos keamanan, sapai kami bingung dan bertanya2...ada apa ini semua?? rupanya mereka menuduh kami menyebarkan pamphlet/leaflet acara lain yg dimana purgatory sebagai guest starnya. Dan kami protes karena kami gak merasa menyebarkan leaflet trsbt, dan kami bingung, kalaupun leaflet itu kami yg bawa memangnya kenapa? Rupanya mereka (security) di tegur oleh pihak penyelenggara karena acara mereka (EO) tercemar oleh leaflet yg mencantumkan logo perusahaan lawan mereka. Ooohhh come ooonnn??? Kami marah...km bilang begini ke mereka, "Andai leaflet ini memang kami yg bawa terus kalian mau apa??? Mau nuntut kami?? Kalian sadar gak kl kode etik ini berlaku untuk kalangan kalian aja? Bukan untuk kami...so kami gak bersalah, apalagi leaflet itu bukan kami yg bawa". Akhirnya kami di bebaskan...hahaha...

KJ14: Ada pesan untuk kawan kawan?

Stay positive, terus berkarya, jauhin narkoba, ambil budaya barat yg baik2 aja dan jangan lupa beli album purgatory haha.

KJ15: Why do you call your genre as ‘white metal’?

Haha...kamu dengar dr mana?? Kami memang pernah mengatakan "white metal" waktu era album 7:172, hanya buat candaan aja, ngeledek black metal haha, kadang juga kami menyebutnya dengan "Straight Metal", tp sekarang kami lebih suka dengan "Simply Metal" hahaha... 

KJ16: Does One Finger Movement still exist and do you join this movement? (Question from Teguh Prasetyo from INTERFECTORMENT band, Bandung)

Untuk One Finger Movement (OFM), mungkin masih eksis, mungkin tidak, dan sejujurnya kami tidak tahu haha. Awal maraknya OFM, purgatory sempat ikutan karena pada waktu itu dalam OFM kami bertemu dengan rekan2 musisi metal yg satu visi, yaitu bermusik metal dalam kehidupan yg islami. Tetapi makin kesini malah membuat perpecahan/gap antara kami dan musisi metal lainnya yg gak setuju dengan adanya OFM, dan akhirnya kami pribadi memutuskan untuk tidak lg mengkampanyekan OFM dlm setiap gig kami, tp bukan artinya purgatory anti OFM. Untuk kami, OFM cukup di dalam hati kami masing2. Dan kami tidak suka melihat adanya perpecahan.

No comments:

Post a comment

NEW INTERVIEW: Our second interview with DISINFECTED (Legends of Bandung Death Metal) (English version).

Our second interview with DISINFECTED AT: Bandung. Date: Monday, 13 May 2019. By: Kieran James and Popo Demons Damn. Translation by:...