Sunday 27 September 2015

CLASSIC INTERVIEW: Our first interview with Rhona BATOSAY (Jakarta Power Metal), 18/11/2014

Left to Right: Renggo Mawadah (soldier metal-lover); Rhona (Batosay Vokalis); Erick Mortis (Anastasya Bassist); and Reddy (Batosay Bassist). The sky is always blue in Power-metal Land even in Jakarta!
Dimas Bramantyo (Valerian Guitarist): INTERVIEW QUESTIONS Thanks very much for agreeing to do interview with our website. These are the questions:
Rhona (vocalist BATOSAY)
DB1. Tell us band History, and the band line-up?

Rhona: Batosay adalah band dari daerah desa yang punya nama daerah banjarsari kecamatan, di ciamis kabupaten, dalam wilayah barat jawa, berawal dari gemar pada rock musick pemuda di sana mencoba belajar musik dengan otodidak tanpa guru musick, Kemudian setelah mampu mulai main musick di rental studio, makin lama tambah mampu dan mahir, karna itu sepakat membangun band rock secara serius. Awal nama dari band adalah 'thepol band' (1997) dengan personil - Isa sondara .. Guitar - Endang .. Vocal - Agus hermanto .. Guitar - Asep dani andrian .. Bass - Gun-gun .. Drum di tahun 2002 nama band berubah jadi 'primata band' dari rock gendre beralih ke power metal gendre, dengan personil band - Isa sondara .. Guitar - Ari herdiana wijaya .. Guitar - Asep dani andrian .. Bass - Agus hermanto .. drum - Rhona B I .. Vocal Tahun 2006 nama band diganti lagi jadi 'mutiara band', jadi band cover lagu helloween band power metal dari jerman, dan kami seperti biasa berganti pemain musick dengan personil - Ari herdiana wijaya .. Guitar - Deni heryanto .. Guitar - Asep dani andrian .. Bass - Tito sutristerianto .. Drum - Rhona B I .. Vocal Kemudian nama band diganti lagi menjadi 'BatosaY' (2008) dan masih tetap selalu main power metal gendre, jadi band cover helloween juga, personil batosay aktip dan tidak aktip: -Guitar: Ari herdiana wijaya .. -Guitar 2 : Muhammad okvi, Jajang bakul (ex..) -Bass: Reddy Otung fortuna (ex..) -Drumer: Arianto / Akira Tito sutristerianto (ex..) Gilang gartika (ex..) Arfan (ex..) -Vocal: Rhona B I.
   
DB2. How do you describe your music, who are your band influences? What is your sound like?

Rhona: Musick punya kami adalah power metal yang mengambil harmonisasi enak di telinga kemudian dibuat keras dan cepat tapi tidak buang nuansa asik dan enjoy dalam musick, HelloweeN sangat mempengaruhi Batosay dalam musick dan gaya juga perform di atas panggung,...tipe suara vocal mirif michael kiske (ex helloween) dan timo kotipelto (stratovarius).  

DB3: Tell us about your feeling and experience playing Power/Speed Metal Music, and tell us your different values or characteristics compared to the other bands playing power/speed metal music?

Rhona: Banyak suka dan duka, banyak perjuangan, karna berawal dari band kecil jadi harus berusaha dari bawah, dari festival ke festival lain, dari panggung ke panggung lain, tapi kami selalu dapat sambutan baik juga meriah karna musik kami berbeda dari band lain, kami bergendre power metal dan itu sangat kontras kepada warna gendre apapun, kami selalu jadi pembawa semangat di setiap event, pengunjung dan penonton pasti menyambut dengan semangat juga gembira bila kami naik ke panggung. kami berbeda dengan band yang lain karna kami memberikan humor dan canda kepada penonton supaya mereka tertawa bahagia sebelum mereka menikmati musik power metal yang kami mainkan.  

DB4: Why do you choose to play Power Metal? Because In Indonesia I think Death-Metal is bigger than Power Metal. Do you think in Indonesia Power Metal (genre) can be big like Death Metal or maybe bigger than Death Metal?

Rhona: Kami bermain power metal karena sangat suka nuansa nada di irama power metal, kami amat suka bermain power metal dan yang paling penting kami mampu bermain power metal dengan warna musick kami pribadi. ..Death Metal tidak lebih besar dari Power Metal tapi Death Metal lebih banyak dari Power Metal, kenapa seperti itu?? Karna Power Metal seperti lebih ringan dari Death Metal, tapi Power Metal lebih sulit dari Death Metal. ...Power Metal lebih stabil dari gendre metal lain, dari waktu ke waktu Power Metal selalu ada, beda dengan gendre metal lain yang kadang sangat tinggi dan besar, tapi di lain waktu kebawah bahkan hilang...Power Metal lebih universal dan dapat ideal bagi semua konsumen musik, jadi Power Metal bukan lebih besar dari Death Metal, tapi Power Metal lebih bisa diterima semua orang tidak hanya diterima orang komunitas metal saja. 

DB5: How many albums has Batosay finished? Tell us about the process, concept, distribution?

Rhona: Kami baru mulai membuat album, karna sebelumnya kami tida punya pasilitas recording juga dana, Kami membeli alat2 murah untuk recording dengan waktu lama, lalu kami menyusun tiap lagu yang sudah coba kami buat, baru lima lagu yang selesai, Walau helloween adalah band idola kami tapi kami bebas mencari warna power metal kami lalu kami membebaskan juga tiap personil untuk expresi mengangkat emosi musik masing2 supaya warna lagu yang kami buat sangat hidup, ..distribusi masih memikirkan karna album masih proses pembuatan.  

DB6: Ok Let’s Start With Favourites Game: (You Just Choose One Answer) Iron Maiden Or Helloween?

Rhona: Helloween. 

DB7: Paul Dianno or Bruce Dickinson?

Rhona: Bruce Dickinson. 

DB8: Kei Hansen or Andy Deris?

Rhona: Kei Hansen. 

DB9: Can You tell about the other bands in Indonesia playing Power/Speed Metal Music, and tell us the power metal scenes in your region?

Rhona (vocalist BATOSAY)
Rhona9:  Umbra Mortis punya warna musick power yang khas dengan kemampuan yang hebat secara pribadi mereka teman yang baik ramah dan suka berbagi terutama tentang ilmu musick metal LENTERA yang lahir dari daerah rock metal yang kental yaitu Surabaya...sangat handal dalam memainkan power metal, hebat perform di atas panggung, tentunya mereka juga secara pribadi sangat ramah dan menyukai berkawan, kami cukup akrab juga. Metal secara umum besar dan sangat disukai oleh generasi muda di daerah kami, sedangkan power metal sangat bisa diterima dan dikagumi. 

DB10: Thanks For doing interview With Busuk Chronicle Webzine. I hope we can meet this year.

[Interview by Dimas Bramantyo, Valerian Guitarist, for Busuk Chronicle Webzine.]
Rhona (vocalist BATOSAY) live onstage
Power Speed Community, pictured are members of Lentera (Surabaya), Umbra Mortis (Jakarta), Anastasya (Subang), and Batosay (Jakarta)

No comments:

Post a Comment

CONCERT REVIEW: SAXON, live @ Barrowland Ballroom, Glasgow, Scotland, 21 November 2022, by KIeran James.

SAXON concert review – Glasgow, Scotland, 21 November 2022, by Kieran James “We stood in the dark and the band played on” It wasn’t a no...