Tuesday, 19 December 2017

NEW INTERVIEW: Our first interview with BETUAH (Riau, Indonesia metalcore), 12/10/17.

KJ1: Hai, bisakah kamu menceritakan sejarah awal terbentuknya band kalian hingga sekarang?
Betuah: Pada awal ceritanya terbentuk band betuah ini karena nongkrong bareng aja, kita – kita emang pada emang sudah mengenal musik cadas. Dengan personel pada waktu itu JUP (vocal), AGUS (Guitar), MULYADI (drum), YOGA (bass). Dan sempat berkarya namun putus ditengah jalan. Pada 2016 bulan januari, Imul mengundurkan diri sebagai drum dan digantikan oleh Reza pada drum. Pada maret 2016 Yoga mengundurkan diri untuk meneruskan kuliah di Bandung. Pada bulan mei 2016 betuah menambah personil sebagai gitar dua atas nama Yudi, dan kami sempat berkarya sampai bulan November 2016. Dan Betuah sempat vakum untuk beberapa waktu.
Akhirnya Agus (guitar) mengundurkan diri dan digantikan dengan Cadet Mizer yang sebelumya adalah personil Extreme Zionis dan additional Pinokio. Pada bulan Juni 2017 Betuah kembali berkarya. Pada waktu itu Mulyadi yang awalnya drummer mengisi di posisi bass hingga sekarang, dan Reza sebagai Drum. Akhirnya Betuah menetapkan untuk mengusung genre Metalcore.

KJ2: Bagaimana respon orang – orang dengan single Betuah – siksa yang telah dirilis kemarin di  youtube?
Betuah: Alhamdulillah respon mini album kami terhadap masyarakat sangat begitu baik dan teman –teman serta keluarga sangat mendukung dengan musik yang kami mainkan, tidak ada yang bertentangan dan dapat diterima dengan baik.

KJ3: Band apa yang paling mempengaruhi bagi kalian dalam bermain musik?
Betuah: Kami disini banyak mendapatkan inspirasi  - inspirasi dari band luar dan dalam negeri yaitu: Killswitch Engage, Lamb Of God, Slayer, Burgerkill, Kapital dan lain – lain. Ya kalau membuat lagu sih harus mempunyai banyak refrensi.

KJ4: Apa rencana kedepan kalian bersama Betuah?
Betuah: Yang jelas kami akan merilis mini album dan video klip yang dikerjakan oleh drummer kami sendiri Reza Fender Rizky. Dan sebelumnya Betuah sudah mengerjakan video klip single dengan judul Siksa. Ya.. namanya setiap band pasti mempunyai impian untuk maju dan menjadi band-band yang disorot publik musik Indonesia dan luar negeri. Jangan lupa ya follow instagram kami Betuah_Official...

KJ5: Apakah lagu – lagu kalian menggunakan bahasa Inggris dan Indonesia?
Betuah: Untuk saat ini Betuah menulis lirik menggunakan bahasa Indonesia tidak menutup kemungkinan kedepannya Betuah menulis lirik menggunakan bahasa Inggris, semoga saja ….

KJ6: Mengapa kalian semua suka memainkan musik metalcore?
Betuah: Pada umumnya kami universal saja pada musik, untuk Betuah kami memilih metalcore karena dari hati kami tergerak ingin mendalami dan berkarya dengan genre ini.

KJ7: Kapan pertama kali kamu menjadi fans band metal?
Betuah: Sejak sekolah SMP kami sudah mendengarkan lagu – lagu metal. Kalau jaman kami dulu sih, untuk mendengar band metal, sangatlah sulit karena belum terlalu mengenal teknologi, hanya mendengar di kaset tape. Berbeda dengan jaman sekarang ini sangatlah mudah untuk mendengarkan musik metal, hanya perlu mengakses internet maka kita bisa mendegarkan musik metal  dari seluruh dunia. Dan sampai saat ini kami memainkan genre musik metalcore.

KJ8: Apa yang kamu katakan kepada orang – orang yang bertanya mengapa kamu memainkan musik bergaya barat?
Betuah: Karena kami lebih banyak terinspirasi dari band – band luar negeri yang telah mendunia dan    berpengaruh pada musikalitas kami. Tetapi kami tidak lantas meninggalkan kebudayaan – kebudayaan tradisional kami. Karena itulah akar bermusik kami.

KJ9: Apakah para istri dan kekasih para personil Betuah mendukung apa yang kalian kerjakan?
Betuah: Tentu saja, mereka selalu memberi dukungan terhadap band kami.

KJ10: Apakah hal – hal yang terbaik dan terburuk tentang komunitas di kota kalian?
Betuah: Pada umumnya teman – teman mendukung atas event – event musik yang telah ada. Dari sini kita bisa lihat respon mereka terhadap musik metal sangat memuaskan.

KJ11: Diacara apa kalian merasakan stage yang berkesan?
Betuah: Semua stage yang Betuah lalui sangat berkesan. Pada setiap perfom Betuah di atas stage selalu ada keseruan, yang tak bisa kami lupakan begitu saja. Dan kami terus ingin mengulanginya lagi.

KJ: Ada pesan untuk kawan – kawan?
Betuah: Jangan berhenti berkarya, untuk semua band – band yang ada di Indonesia. Dan saling dukung aja untuk kita semua.

KJ: Oke terima kasih banyak.

Betuah - Siksa - Single 2017 (Official Music Video):
http://pyoutu.be/sFgNHc1334w

Betuah Contact Jln. Darussalam No.9 Rt 4/3 Sungai Guntung Kec.kateman 29255 Inhil - Riau Indonesia. Hp: 082268299902 / +62 82268299902 Fanpage: Betuah IG.: Betuah_Official

No comments:

Post a Comment

NEW INTERVIEW: Our first interview with 3RD WAR COLLAPSE (Brazil / Finland Death Metal), 24 May 2021.

Hi, sorry for the delay and thanks for this interview. I just heard your new CD, which is very catchy and brutal. This is my sort of Death M...