Thursday 19 May 2016

RAIN CITY DARKNESS: TANAH KUBUR interview (Bogor Black Metal), 27 November 2011.

Left to Right: Iqbal (TANAH KUBUR drummer), Kieran James, and Mass Jamet (TANAH KUBUR vokalis) @ Jakarta.
SONS OF SOUTHERN DARKNESS!!
 Wawancara  Saya bersama Mass Jamet (vocals) dari TANAH KUBUR (black-metal dari Cibinong, Indonesia)
 Oleh Dr Kieran James
 Wawancara: Wawancara Online, 27 November 2011.
Translation oleh: Popo (DEMONS DAMN/ BUSUK WEBZINE)
Kieran James: Hi, kawan. Terimakasih telah menyempatkan untuk melakukan wawancara bersama website kami www.busukwebzine666.blogspot.com. pertama-tama ceritakan tentang sejarah band kalian, seperti kapan kalian mulai dan siapa saja personilnya?
MJ: Kami mulai band TANAH KUBUR. Saya Mass Jamet, dan lalu saya bertemu dengan yang lainnya seperti: “Togem Atheist” sebagai guitarist, “Katap Andre” sebagai bassist, [dan] “Iqbal Feroza” sebagai drummer.

Beberapa personil meninggalkan band satu-persatu:
“Hendra” sebagai gitaris, dia keluar sejak Oktober 2010 karena dia sibuk dengan sekolahnya.“Kiwil” sebagai keyboardist, dia keluar sejak Maret 2011 dan dia bergabung dengan band “Makam Selatan”. “Dirja” sebagai keyboardist, dia keluar sejak Juni 2011 karena ada sedikit konflik dan dia menginginkan bermain serius dengan bandnya "Dicit Lvx". “Fahmy” gitaris, dia keluar sejak Juli 2011 karena dia ingin fokus dengan bandnya "Expendiency". “Vandy” gitaris, dia keluar sejak September 2011 karena kesibukannya. “Ibenx” bassis, dia keluar sejak November 2011 karena sibuk dengan sekolahnya.

KJ: Bagaimana perkembangan demo atau album kalian?
MJ: Bagus, kami telah mengeluarkan beberapa lagu untuk demo kita pada akhir tahun 2010 (Ritual Dahar Dupo):
- “Surat Dari Neraka” “Yaumil Qiyamah” [dan] “Reincarnation”. Untuk beristirahat, kami akan menyelesaikan mini-album kami pada akhir 2011 (Hellish).

KJ: Kenapa kamu suka memainkan black-metal?
MJ: karena memainkan black-metal termasuk hoby saya dalam dunia musik.

KJ: Bagaimana menggambarkan style kalian dan band apa saja yang kamu sukai?
MJ: Style saya tidak jauh dari Nergal, Shagrath dan Freddy Lim. Band-band yang saya sukai adalah Chthonic [Taiwan]; Dimmu Borgir [UK]; Behemoth [Poland]; dan Vesania [Poland].

KJ: Seperti apa scene di kota-mu? Saya pernah ke Cibinong untuk pertunjukan Bleeding Corpse 8 October, 1000 fans, sangat mengagumkan. Didalam kendaraan kami melihat anak muda diatas motor menggunakan kaos metal menuju ke [tempat] pertunjukan….

MJ: Saya main di Cibinong tanggal 23April, ada fans yang kesurupan saat saya melakukan ritual memakan dupa diatas panggung.

KJ: Apa tujuan utama dan rencana kedepan kamu bersama band?
MJ: Tujuan kedepan saya untuk band adalah saya ingin tetap berkarya dan saya ingin merencanakan untuk konser di luar negri.

KJ: Pekerjaan apa yang kalian punya selain bermain musik metal?
MJ: Pekerjaan saya diluar metal yaitu kuliah.
  
KJ: Di kota mana saja kalian pernah bermain?
MJ: Bogor, Depok, Jakarta, dan Surabaya.

KJ: Adakah kendala memainkan pertunjukan metal di kota kamu contohnya masalah polisi?
MJ: kadang-kadang terjadi masalah dengan polisi jika ada keributan, bila tidak terjadi keributan dan semuanya berjalan lancar maka tidak akan ada masalah dengan pilisi.

KJ: Apakah kamu mempercayai semua bagian dari philosofi black-metal?
MJ: Saya percaya pada setiap bagiannya.
Add cTANAH KUBUR: Rising fast!!!

KJ: Terakhir: Ada pesan atau kata-kata untuk penggemar?
MJ: Pesan kita untuk para penggemar adalah: “Terima Kasih banyak kalian yang telah mendukung kita, tanpa kalian kita bukan apa-apa. Stay Black in the World!!”


KJ: Terima kasih banyak untuk wawancara ini. Kamu adalah band black-metal pertama di website kita dan sangat bagus karena kami tau bahwa metal bukan mengenai aturan dan pembagian. Metal harusnya bersatu, saya juga suka sama foto bandnya! Sukses untuk band dan album yang akan datang. Saya harap dapat bertemu denganmu suatu hari nanti di Cibinong atau di kota lain.


Left to Right: Iqbal (Tanah Kubur drummer), Jamet (Tanah Kubur vocalist), Unknown, Unknown, Willy Damien (Umbra Mortis guitarist), Nur Qamar Ramdhan aka Nos (Criatura BM guitarist), Kieran James (Busuk Chronicles) @ Jakarta.

No comments:

Post a Comment

CONCERT REVIEW: SAXON, live @ Barrowland Ballroom, Glasgow, Scotland, 21 November 2022, by KIeran James.

SAXON concert review – Glasgow, Scotland, 21 November 2022, by Kieran James “We stood in the dark and the band played on” It wasn’t a no...